EVAKUASI DAN PEMBERIAN BANTUAN BANJIR OLEH CAMAT KUNTO DARUSSALAM


Dampak meluapnya air banjir di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) makin menjadi-jadi. Sedikitnya 3 (tiga) jembatan di Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, dilaporkan ambruk diterjang banjir.

Camat Kunto Darussalam, Herdianto, mengatakan, tiga jembatan di jalan kabupaten yang ambruk yakni jembatan Sungai Pisang Kolek, jembatan Bukit Juragan dan jembatan Omang.

Ketiganya ambruk akibat meluapnya sungai Rokan dan sungai kecil sekitar. Ia memperkirakan ketiga jembatan ini ambruk pada Senin (08/02/16) tengah malam tadi. Namun baru diketahui masyarakat pada Selasa (09/02/16) subuh.

"Korban jiwa tak ada, sebab kejadiannya tengah malam (Senin). Sebelumnya juga sudah kita pantau, dan kita imbau masyarakat agar tak lewat jika air sudah sampai jembatan," ujar Herdianto.

Dampak ambruknya tiga jembatan ini, kata Herdianto, sekitar 300 kepala keluarga (KK) di Dusun Pelantuk Kelurahan Kota Lama terisolir.

"Kalau untuk masyarakat (Desa) Muara Dilam masih ada jalan alternatif ke Kota Lama (Kelurahan)," ungkapnya.

Selain tak bisa menyebrang ke Kota Lama, sambung Herdianto, 300 rumah masyarakat Dusun Pelanduk juga terendam banjir. Masyarakat sudah mengungsi ke tempat aman.

"Masyarakat Pelanduk masih tetap bertahan disana. Namun mereka sudah mengungsi ke tempat tinggi," jelasnya.

Herdianto mengakui sudah melaporkan secara lisan ambruknya tiga jembatan di Kelurahan Kota Lama tersebut ke dinas terkait. "Surat sudah kita buat dan segera kita laporkan ke dinas terkait, seperti Dinas Bina Marga dan Pengairan, serta Dinas Sosial," tandas Herdianto.‎